Sancho Loloskan Dortmund ke Semifinal Piala DFB

Skor88.news – Borussia Dortmund memastikan diri menjejak semifinal piala DFB. Dortmund lolos setelah menyingkirkan Borussia Moenchengladbach lewat kemenangan tipis 1-0.

M’Gladbach menjamu Dortmund dalam pertandingan perempatfinal di Borussia-Park, Rabu (3/3/2021) dinihari WIB. Bintang muda Dortmund Jadon Sancho menjadi pahlawan timnya karena mencetak satu-satunya gol di pertandingan itu. Momen penentuan Die Borussen tersebut terlahir di menit ke-66, yang dimulai dari serangan balik cepat.

Dortmund menyudahi permainan dengan 10 orang setelah Mahmoud Dahoud diusir dari permainan di masa injury time. Menyusul kartu kuning kedua (kartu merah) yang diterima Dahoud usai menerjang Rami Bensebaini.

Untungnya, kartu merah Dahoud tidak mengubah kedudukan akhir pertandingan yang tetap bertahan 1-0. Si Kuning Hitam kini tinggal menunggu lawan di babak selanjutnya, yaitu antara RB Leipzig, Wolfsburg, Werder Bremen, Regensburg, Rot-Weiss Essen, atau Holstein Kiel.

Pertandingan berlangsung cukup seru pada menit awal. Moenchengladbach mendapatkan peluang pertama saat pertandingan baru bergulir dua menit. Umpan silang Jonas Hofmann di sisi kanan disambut Marcus Thuram di kotak enam yard tapi bola penyelesaiannya melebar tipis.

Serangan balasan Dortmund tujuh menit berselang. Marco Reus memanfaatkan kelengahan barisan belakang Gladbach sehingga berdiri tidak terkawal melepaskan tembakan dari dalam kotak penalti meski masih melambung.

Dortmund melewatkan kesempatan bagus untuk mencetak gol di menit ke-36. Dari umpan Mats Hummels, Erling Haaland terbebas di depan tapi gagal melakukan penyelesaian karena terlalu lama menguasai bola sehingga disapu Nicola Elvedi.

Jelang turun minum, Gladbach mencetak gol! Thuram melewati kawalan Hummels sebelum melepaskan tembakan yang melewati penjagaan Hitz. Namun, gol itu dianulir karena Thuram offside. Babak pertama ditandai dengan kedudukan imbang 0-0.

Usai restart, giliran Haaland yang golnya dianulir. Kerja sama Sancho dengan Reus diselesaikan Haaland dengan sontekan jarak dekat. Akan tetapi, Dortmund urung mendapat golnya karena terjadi pelanggaran terhadap Bensebaini saat membangun serangan awal.

Sebelum laga tepat bergulir sejam, Gladbach nyaris menciptakan gol pembuka. Umpan tarik Lainer diteruskan Bensebaini dengan sepakan first-time menuju sudut atas gawang, tapi Hitz melakukan penyelamatan gemilang untuk menangkisnya.

Kebuntuan akhirnya terpecah di menit ke-66. Jadon Sancho membawa Dortmund unggul 1-0. Setelah menyapu serangan Gladbach, Dortmund melakukan serangan balik. Nico Schulz memenangi bola di tepi kotak penalti kemudian menggiringnya ke depan. Marco Reus mengirim umpan matang kepada Sancho, yang berdiri bebas untuk diselesaikan dengan sepakan kaki kiri mendatar.

Dortmund hampir memperbesar skornya kurang dari 10 menit kemudian. Tembakan bebas Marco Reus disundul Mats Hummels, namun bola masih melayang di atas mistar Gladbach.

Tekanan kembali dilakukan Dortmund. Haaland lagi-lagi dalam situasi one-on-one dengan kiper Tobias Sippel. Akan tetapi, Sippel mampu menghentikan sepakan Haaland untuk terus menghidupkan asa Gladbach.

Pada tiga menit terakhir, Gladbach mencoba peruntungannya usai Denis Zakaria melepaskan sepakan jarak jauh tapi bola melebar dari tiang jauh. Keuntungan didapat tim tuan rumah setelah kartu merah Dahoud, namun toh skor 1-0 untuk keunggulan Dortmund tetap bertahan sampai laga selesai.

SUSUNAN PEMAIN

Borussia Moenchengladbach: Sippel, Lainer, Ginter, Elvedi, Bansebaini, Stindl (Wolf 76′), Kramer (Zakaria 76′), Hofmann (Lazaro 68′), Neuhaus, Plea, Thuram (Embolo 76′.

Borussia Dortmund: Hitz, Hummels, Raphael Guerreiro (Schulz 5′), Mateu Morey, Delaney, Can, Dahoud, Sancho (Thorgan Hazard 68′), Bellingham, Reus, Haaland.