Lolos Piala Asia 2023, Timnas Indonesia Ditunggu Raksasa Asia

Skor88.news – Timnas Indonesia menghajar Taiwan tiga gol tanpa balas di leg kedua babak play-off Kualifikasi Piala Asia 2023 di Chang Arena, Buriram, Senin (11/10/2021) malam WIB. Timnas Indonesia akan berusaha mengamankan hasil leg pertama lalu. Sebelumnya mereka menang 2-1 atas Timnas Taiwan.

Beberapa perubahan dibuat oleh pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Ia memainkan Ryuji Utomo, Adam Alis, dan Dedik Setiawan. Gol Indonesia dihasilkan oleh Egy Maulana Vikri, Ricky Kambuaya, dan Witan Sulaeman.

Ulasan Babak Pertama

Timnas Indonesia berusaha bermain aman di awal pertandingan. Mereka mendominasi penguasaan bola dan mengepung pertahanan Taiwan.

Indonesia berusaha menyerang dari sayap, khususnya dari kiri. Namun sesekali serangan diarahkan ke sayap kanan khususnya saat Egy dalam posisi bebas. Taiwan juga sesekali menekan pertahanan Merah Putih. Contohnya pada menit ketujuh. Untung sundulan Chun Ching masih melambung.

Indonesia akhirnya bisa mencetak gol pada menit ke-27. Egy mengirimkan umpan silang dari kanan dengan kaki kirinya. Bola tak bisa disundul oleh Dedik dan melesat tipis di atas kepalanya. Namun laju bola ke tiang jauh tak bisa diantisipasi oleh kiper lawan. Gol! 0-1.

Taiwan kemudian sempat mencoba menekan, tapi Indonesia justru mendapat kesempatan mencetak gol lagi melalui tendangan keras Adam Alis pada menit ke-36 dari ujung kotak penalti. Namun bola masih bisa diblok kiper lawan.

Kedua tim terus adu serangan sampai akhir babak pertama. Namun tak ada lagi gol tercipta. Taiwan untuk sementara tertinggal 0-1 dari Indonesia.

Ulasan Babak Kedua

Taiwan berusaha untuk tampil lebih agresif di awal babak kedua. Namun serangan mereka masih bisa diredam dengan baik oleh skuat Indonesia. Pada menit ke-51, Merah Putih mendapat peluang via serangan balik. Egy menyambut umpan dari sayap kiri. Namun sayang sontekannya dari jarak dekat masih melambung tinggi dari mistar gawang.

Indonesia akhirnya bisa mencetak gol pada menit ke-55. Merah Putih menyerang dari sisi kanan via Evan Dimas, yang kemudian mengirim umpan datar ke tengah kotak penalti. Bola bisa dihalau bek Taiwan namun jatuh di kaki Ricky Kambuaya. Dari dalam kotak penalti, ia menjebol gawang lawan dengan tendangan keras kaki kirinya. 0-2.

Beberapa menit kemudian, Evan Dimas sempat melepas tendangan keras dari luar kotak penalti. Bola ditahan kiper lawan dan sempat lepas. Namun masih bisa diamankan lagi. Pada menit ke-71, Indonesia mendapat peluang emas mencetak gol. Free Kick Egy gagal dihalau kiper lawan di kotak penalti dan disambar tendangan Dedik. Bola mengenai mistar gawang dan akan dibuang pemain Taiwan.

Namun Dedik berhasil mencuri bola lagi dan melakukan trik nutmeg pada satu bek lawan sebelum akhinya melepas tendangan keras ke gawang. Namun kiper Taiwan dengan sigap melakukan blok.

Menit ke-86, Pratama Arhan mengirim umpan silang dari kiri ke tiang jauh. Bola disambut oleh tendangan Witan. Meski dalam posisi bebas, ia gagal melepas tendangan on target. Sempat terjadi kontroversi pada menit ke-87. Dedik berusaha menggocek bola melewati bek lawan. Tapi ia dihentikan oleh sikut dan jegalan lawan. Namun wasit tak menganggap hal tersebut sebagai pelanggaran.

Pada menit ke-93, Indonesia melancarkan serangan balik dari sisi kanan via Witan. Ia masuk ke kotak penalti dan melepas tendangan mendatar kaki kiri ke tiang jauh dengan tenang. 0-3!

Gol ini jadi penutup laga babak kedua. Timnas Indonesia sukses menghajar Taiwan tiga gol tanpa balas. Dengan demikian Merah Putih unggul agregat 5-1 di babak playoff ini dan berhak lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023.

Susunan Pemain

Taiwan: Shin Shin An; Hsieh Peng Long, Chen Ting Yang, Liang, Meng Hsin, Cheng Hao, Lin Cheng Yi; Emilio Estevez, Wu Yen Shu, Lin Ming Wei; Li Mao, Wu Chun Ching.

Indonesia: Muhammad Riyandi; Asnawi Mangkualam, Victor Igbonefo, Ryuji Utomo, Pratama Arhan; Rachmat Irianto, Ricky Kambuaya; Adam Alis, Evan Dimas, Egy Maulana Vikri; Dedik Setiawan.

Berikut Pembagian Pot Kualifikasi Ketiga Piala Asia 2023:

Pot 1: Uzbekistan, Bahrain, Yordania, Kirgiztan, Palestina, India

Pot 2: Tajikistan, Thailand, Filipina, Turkmenistan, Kuwait, Myanmar

Pot 3: Hong Kong, Yaman, Afghanistan, Malaysia, Maladewa, Singapura

Pot 4: Nepal, Mongolia, Bangladesh, Sri Langka, Indonesia, Guam/Kamboja

[embedded content]