MotoGP 2022: Andrea Dovizioso Pastikan Akan Pensiun Setelah MotoGP San Marino 2022

Tim Yamaha Motor Co., Ltd. Memberikan konfirmasi atas keputusan rider MotoGP Andrea Dovizioso untuk pensiun dari 20 tahun perjalanan balapannya di Grand Prix pasca gelaran Gran Premio, San Marino e della Riviera di Rimini 2022, tepatnya satu tahun setelah gabung dengan MotoGP Yamaha.

Karir Dovizioso di Yamaha

Dovizioso dan Yamaha telah melakukan hubungan yang baik sejak dia mengakhiri musim yang sukses dengan tim satelit Tech3 Yamaha di tahun 2012, dengan enam tempat ketiga dan tempat keempat pada klasemen akhir. Dovizioso bergabung lagi dengan barisan rider satelit Yamaha pada GP San Marino 2021 saat Franco Morbidelli pindah Tim Pabrikan.

Dovizioso pada awalnya berencana untuk tetap bergabung dengan tim MotoGP WithU Yamaha RNF untuk keseluruhan musim MotoGP 2022, mengendarai kuda besi YZR-M1 dan menerima dukungan baik dari Yamaha Motor Co., Ltd., namun kali ini dia memutuskan untuk mengakhiri karir di lintas balapan kandangnya di Misano.

Dovi berkata bahwa tahun 2012, pengalamannya bersama pabrikan Iwata pada MotoGP sangat positif dan sejak itu dua selalu berpikir, cepat atau lambat, Dovi ingin mempunyai kontrak resmi dengan pabrikan Yamaha. Dovi memutuskan untuk mencobanya karena dua sangat percaya pada proyek tersebut dan kemungkinan untuk melaksanakannya dengan baik.

Namun sayang sekali pada beberapa tahun terakhir MotoGP telah mengalami banyak perubahan. Situasinya sangat berbeda semenjak itu. Dovi tidak pernah merasa nyaman dengan kuda besinya, dan dia belum dapat memaksimalkan potensinya walaupun ada bantuan yang banyak dan berkelanjutan dari tim dan seluruh Yamaha. Hasilnya memang negatif, namun Dovi tetap mengambilnya sebagai pengalaman hidup yang sangat berharga. 

Saat muncul begitu banyak kesusahan, Dovi berkata dia harus mempunyai kemampuan untuk mengelola situasi dan emosi dengan baik. Dia tidak mencapai tujuan yang dia inginkan, namun konsultasi dengan teknisi Yamaha dan juga tim selalu positif dan konstruktif, baik bagi tim dan juga Dovi. Hubungan tersebut tetap baik dan juga profesional meskipun pada saat paling kritis.

Ucapan Terima Kasih Pada Yamaha dan Tim

Bagi semua ini dan atas dukungan semua, Dovizioso berterima kasih kepada Yamaha, tim  dan WithU, serta sponsor lain yang terlibat pada proyek tersebut. Hal tersebut tidak berjalan seperti yang diharapkan, namun benar untuk dicoba. Petualangan Dovizioso akan berakhir pada Misano, namun hubungan dengan seluruh orang yang terlibat pada tantangan tersebut akan tetap utuh untuk selamanya. 

Rider penguji resmi Yamaha Cal Crutchlow akan menjadi rider pengganti Tim WithU Yamaha RNF MotoGP untuk enam seri yang tersisa pada musim 2022 ini.

Razlan Razali, pemilik dan Team Principal WithU Yamaha RNF MotoGP Team berkata bahwa ketika mereka kembali ke paddock setelah beristirahat selama lima minggu, mereka sangat menanti untuk dapat bekerja memperbaiki keadaan bagi Dovi terutama sesudah beberapa hal positif dalam dua balapan yang terakhir. Tetapi Dovi telah membuat keputusan untuk pensiun dan seluruh tim menghormati hal tersebut. 

Memang seluruh tim sedih melihat rider hebat dan juga berpengalaman seperti Dovi meninggalkan lintasan dan tidak mengakhiri musim bersama dengan Yamaha. Namun mereka mengerti, Dovi telah menuntaskan perjuangannya untuk merasa nyaman dengan tunggangannya dan beradaptasi antara gaya berkendara dengan cara yang diperlukan motor.

Walaupun mereka tidak berhasil mendapat hasil yang diinginkan, namun tetap merasa terhormat dan senang mempunyai nama besar seperti Dovi pada tim. Seluruh tim juga mengucapkan terima kasih kepada Andrea atas segala kontribusinya dan tim akan terus selalu memberikan dukungan penuh untuk tiga seri balapan terakhir Dovizioso.